TUGAS I
CLASS, METHOD, MODIFIER
CLASS, METHOD, MODIFIER
CLASS (KELAS)
• Kelas mendefinisikan sekumpulan objek yang memiliki kesamaan sifat dan perilaku
• Ada dua kelompok kelas :
– kelas standard
– kelas yang didefinisikan sendiri
• Kumpulan dari method/kelas standard dalam java dikenal dengan API (Aplication Programming Interface)
• untuk membuat objek, dan berperan sebagai tipe data dari objek
• sarana pengkapsulan kumpulan data/properti dan kumpulan method
• untuk membuat objek, dan berperan sebagai tipe data dari objek
• sarana pengkapsulan kumpulan data/properti dan kumpulan method
Deklarasi Class :
public class MyClass {
//Deklarasi Anggota Kelas(member)
int var1;
double var2;
String var3;
void metoda1 (parameter…) {
…
}
int metoda2 (parameter…) {
…
}
}
METHOD
• Tingkah laku dari suatu objek
• Letak di dalam classbody
• Bentuk umum :
[modifier] tipe_return_value namaMethod(tipe parameter) {
methodbody;
}
• Modifier boleh lebih dari satu (dipisah oleh spasi).
• Method dpt tdk mempunyai nilai balik, disebut sebagai
void, atau mempunyai nilai balik berupa tipe primitive
Java atau class.
• Pasangan tipe dan parameter dapat lebih dari satu
(dipisah oleh koma).
• Bentuk umum method main() sebagai berikut :
[modifier] tipe_return_value main(String args[]) {
methodbody
}
• Ada dua sintaks pemanggilan suatu method :
namaObjek.namaMethod([nilaiParamater]);
namaKelas.namaMethod([nilaiParamater]);
MODIFIER
• untuk menentukan hubungan suatu unsur kelas dengan unsur kelas lainnya, contohnya hubungan kepemilikan antara kelas dan objek.
• Modifier Akses :
1. public,
2. protected,
3. default,
4. private
=> Dan berikut dibawah ini adalah contoh programnya :
c#
using System;
namespace Class_Method_Identifier
{
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
namespace Bab1
{
class Program
{
class perkalian //Class
{
private int a; // Modifier private
public int b; // Modifier public
public void nilai1() //Method Public
{
Console.Write("Masukan Nilai 1 :");
a = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
Console.Write("Masukan Nilai 2 :");
b = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
}
private void tes() //Method Private
{
Console.WriteLine("di coba");
}
public void hasil1(int c)
{
Console.Write("Hasilnya = "+ a*b);
}
}
static void Main(string[] args)
{
perkalian n = new perkalian(); //bikin object n
n.nilai1();
n.hasil1(0);
Console.ReadKey();
}
}
}
}
HASIL CODING PROGRAM SETELAH DI RUN
C++
#include <cstdlib>
#include <iostream>
using namespace std;
class perkalian
{
private : int a;
public : int b;
private : void test1()
{
cout << "perkalian" <<endl;
}
public : void nilai()
{
cout<<"masukan Nilai 1 = ";
cin>>a;
cout<<"masukan Nilai 2 = ";
cin>>b;
}
public : void hasil()
{
cout<<"Hasilnya = "<<a*b<<endl;
}
};
int main(int argc, char *argv[])
{
perkalian p;
p.nilai();
p.hasil();
system("PAUSE");
return EXIT_SUCCESS;
}
HASIL CODING PROGRAM SETELAH DI RUN
JAVA
package classmethodidentifier;
import java.util.*;
class perkalian
{
public int a;
public int b;
private int hasil;
private void test ()
{
System.out.println("Perkalian");
}
public void jumlah()
{
System.out.println("Hasilnya = "+a*b);
}
}
public class Main {
private static Scanner input = new Scanner(System.in);
public static void main(String[] args)
{
perkalian p = new perkalian();
System.out.println("Masukan Nilai 1 = ");
p.a=input.nextInt();
System.out.println("Masukan Nilai 1 = ");
p.b=input.nextInt();
p.jumlah();
}
}
HASIL CODING PROGRAM SETELAH DI RUN
TUGAS 2
ENCAPSULATION
Enkapsulasi adalah pembungkus, pembungkus disini dimaksudkan untuk menjaga suatu proses program agar tidak dapat diakses secara sembarangan atau di intervensi oleh program lain. Konsep enkapsulasi sangat penting dilakukan untuk menjaga kebutuhan program agar dapat diakses sewaktu-waktu, sekaligus menjaga program tersebut.
Dalam kehidupan sehari hari enkapsulasi dapat dimisalkan sebagai arus listrik pada generator, dan sistem perputaran generator untuk menghasilkan arus listrik. Kerja arus listrik tidak mempengaruhi kerja dari sistem perputaran generator, begitu pula sebaliknya. Karena didalam arus listrik tersebut, kita tidak perlu mengetahui bagaimana kinerja sistem perputaran generator, apakah generator berputar kebelakang atau ke depan atau bahkan serong. Begitu pula dalam sistem perputaran generator, kita tidak perlu tahu bagaimana arus listrik, apakah menyala atau tidak.
Begitulah konsep kerja dari enkapsulasi, dia akan melindungi sebuah program dari akses ataupun intervensi dari program lain yang mempengaruhinya. Hal ini sangat menjaga keutuhan program yang telah dibuat dengan konsep dan rencana yang sudah ditentukan dari awal.
Dalam bentuk program
C#
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
namespace Information_Hidding_and_Encapsulation
{
class hitung
{
private double a=0; // information hiding
private double b=0;
public double nilaiA
{
set { a = value; }
get { return a; }
}
public double nilaiB
{
set { b = value; }
get { return b; }
}
public double hasilkali()
{
return a * b;
}
public double hasilbagi()
{
return a / b;
}
}
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
hitung h = new hitung();
Console.Write("Masukan Nilai A = ");
h.nilaiA = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());
Console.Write("Masukan Nilai B = ");
h.nilaiB = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());
Console.WriteLine();
Console.WriteLine("Hasil Perkalian = "+h.hasilkali());
Console.WriteLine();
Console.WriteLine("Hasil Pembagian = "+h.hasilbagi());
Console.ReadKey();
}
}
}
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
namespace Information_Hidding_and_Encapsulation
{
class hitung
{
private double a=0; // information hiding
private double b=0;
public double nilaiA
{
set { a = value; }
get { return a; }
}
public double nilaiB
{
set { b = value; }
get { return b; }
}
public double hasilkali()
{
return a * b;
}
public double hasilbagi()
{
return a / b;
}
}
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
hitung h = new hitung();
Console.Write("Masukan Nilai A = ");
h.nilaiA = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());
Console.Write("Masukan Nilai B = ");
h.nilaiB = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());
Console.WriteLine();
Console.WriteLine("Hasil Perkalian = "+h.hasilkali());
Console.WriteLine();
Console.WriteLine("Hasil Pembagian = "+h.hasilbagi());
Console.ReadKey();
}
}
}
HASIL CODING PROGRAM SETELAH DI RUN
C++
#include <cstdlib>
#include <iostream>
using namespace std;
class hitung
{
private : int a;
private : int b;
public : void setA (int e)
{
a=e;
}
public : int getA()
{
return a;
}
public : void setB (int w)
{
b=w;
}
public : int getB()
{
return b;
}
public : int hasilkali()
{
return getA()*getB();
}
public : int hasilbagi()
{
return getA()/getB();
}
};
int main(int argc, char *argv[])
{
hitung h;
int a,b;
cout<<"Masukan Nilai A = ";
cin>>a;
h.setA(a);
cout<<"Masukan Nilai B = ";
cin>>b;
h.setB(b);
cout<<"Hasil Perkalian = "<<h.hasilkali()<<endl;
cout<<"Hasil Pembagian = "<<h.hasilbagi()<<endl;
system("PAUSE");
return EXIT_SUCCESS;
}
#include <iostream>
using namespace std;
class hitung
{
private : int a;
private : int b;
public : void setA (int e)
{
a=e;
}
public : int getA()
{
return a;
}
public : void setB (int w)
{
b=w;
}
public : int getB()
{
return b;
}
public : int hasilkali()
{
return getA()*getB();
}
public : int hasilbagi()
{
return getA()/getB();
}
};
int main(int argc, char *argv[])
{
hitung h;
int a,b;
cout<<"Masukan Nilai A = ";
cin>>a;
h.setA(a);
cout<<"Masukan Nilai B = ";
cin>>b;
h.setB(b);
cout<<"Hasil Perkalian = "<<h.hasilkali()<<endl;
cout<<"Hasil Pembagian = "<<h.hasilbagi()<<endl;
system("PAUSE");
return EXIT_SUCCESS;
}
HASIL CODING PROGRAM SETELAH DI RUN
JAVA
package encapsulation;
import java.util.*;
class hitung
{
private double a;
private double b;
public void setA(int a)
{
this.a=a;
}
public double getA()
{
return this.a;
}
public void setB(int b)
{
this.b=b;
}
public double getB()
{
return this.b;
}
public double hasilkali()
{
return getA()*getB();
}
public double hasilbagi()
{
return getA()/getB();
}
}
public class Main {
private static Scanner input = new Scanner(System.in);
public static void main(String[] args)
{
hitung h = new hitung();
int a,b;
System.out.print("Masukan Nilai A = ");
a = input.nextInt();
h.setA(a);
System.out.print("Masukan Nilai B = ");
b = input.nextInt();
h.setB(b);
System.out.println("Hasil Perkalian = "+h.hasilkali());
}
}
</div>
<div>
HASIL CODING PROGRAM SETELAH DI RUN
TUGAS 3
POLYMORPHISME
POLYMORPHISME
Polymorphism, suatu aksi yang memungkinkan pemrogram menyampaikan pesan tertentu keluar dari hirarki obyeknya, dimana obyek yang berbeda memberikan tanggapan/respon terhadap pesan yang sama sesuai dengan sifat masing-masing obyek.
Atau Polymorphic dapat berarti banyak bentuk, maksudnya yaitu kita dapat menimpa (override), suatu method, yang berasal dari parent class (super class) dimana object tersebut diturunkan, sehingga memiliki kelakuan yang berbeda.
Contoh dalam program
C#
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
namespace Polymorphisme_Overload_Override
{
class Program
{
class Baca
{
public void Tes() //---> overload method
{
Console.WriteLine("Saya");
}
public void Tes(string a) //---> overload method
{
Console.WriteLine("Nama : {0}", a);
}
public void Tes(string a, int b) //---> overload method
{
Console.WriteLine("Anak : {0}ke {1}", a, b);
}
public virtual void Tes2()
{
Console.WriteLine("KULIAH DI");
}
}
class Tulis : Baca
{
public override void Tes2() //---> override
{
Console.WriteLine("STIKOM PGRI BANYUWANGI");
}
}
static void Main(string[] args)
{
Baca s = new Baca();
s.Tes();
s.Tes("Nur Hidayati");
s.Tes("",1);
s.Tes2();
s = new Tulis();
s.Tes2();
Console.ReadKey();
}
}
}
HASIL CODING PROGRAM SETELAH DI RUN
C++
#include <cstdlib>
#include <iostream>
using namespace std;
class Baca
{
public :
void Tes()
{
cout<<"Saya"<<endl;
}
void Tes(string a)
{
cout<<"Nama : "<<a<<endl;
}
void Tes(string a,int b)
{
cout<<"Anak : "<<a<<"ke "<<b<<endl;
}
virtual void Tes2()
{
cout<<"KULIAH DI"<<endl;
}
};
class Tulis : public Baca
{
public :
void Tes2()
{
cout<<"STIKOM PGRI BANYUWANGI"<<endl;
}
};
int main(int argc, char *argv[])
{
Baca s;
Tulis d;
Baca *c;
s.Tes();
s.Tes("Nur Hidayati");
s.Tes("",3);
s.Tes2();
c = &d;
c->Tes2();
cout<<endl;
system("PAUSE");
return EXIT_SUCCESS;
}
HASIL CODING PROGRAM SETELAH DI RUN
JAVA
package polymorphisme;
import java.util.*;
class Baca
{
public void Tes() //---> overload method
{
System.out.println("Saya");
}
public void Tes(String a) //---> overload method
{
System.out.println("Nama :"+a);
}
public void Tes(String a,int b) //---> overload method
{
System.out.println("Anak :"+a+" ke "+b);
}
public void Tes2()
{
System.out.println("KULIAH DI");
}
}
class Tulis extends Baca
{
@Override
public void Tes2() //---> override
{
System.out.println("STIKOM PGRI BANYUWANGI");
}
}
public class Main {
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args)
{
Baca s = new Baca();
s.Tes();
s.Tes("Nur HIdayati");
s.Tes("",3);
s.Tes2();
s = new Tulis();
s.Tes2();
}
}
TUGAS 4
INHERITANCE
INHERITANCE
Inheritance atau pewarisan pada pemrograman berorientasi objek merupakan suatu hubungan dua buah kelas atau lebih. Dalam hal ini ada kelas yang memiliki atribut dan metode yang sama dengan kelas lainnya beserta atribut dan metode tambahan yang merupakan sifat khusus kelas yang menjadi turunannya.
Contoh dalam program
C#
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
namespace Inheritance
{
class judul
{
public judul ()
{
Console.WriteLine("===================================");
Console.WriteLine("= Penghitungan dengan Inheritance =");
Console.WriteLine("===================================");
Console.WriteLine("");
Console.WriteLine("");
Console.WriteLine("");
}
}
class jumlah : judul
{
public int a = 0;
public int b = 0;
public int c = 0;
public jumlah ()
{
}
public void nilai()
{
Console.Write("Masukan Nilai Panjang = ");
a = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
Console.Write("Masukan Nilai Lebar = ");
b = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
Console.Write("Masukan Nilai Tinggi = ");
c = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
}
public void hasil()
{
Console.WriteLine();
Console.WriteLine("Luas = " + a * b * c);
Console.WriteLine("Keliling = " + (a + b + c));
}
}
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
jumlah j = new jumlah();
j.nilai();
j.hasil();
Console.ReadKey();
}
}
}
HASIL CODING PROGRAM SETELAH DI RUN
C++
#include <cstdlib>
#include <iostream>
using namespace std;
class judul
{
public : judul()
{
cout<< "==================================="<<endl;
cout<< "= Penghitungan dengan Inheritance ="<<endl;
cout<< "==================================="<<endl;
cout<<endl;
cout<<endl;
cout<<endl;
}
};
class hitung : public judul
{
public : hitung ()
{
}
public : void masuknilai(int a, int b, int c)
{
cout<<"Masukan Nilai Panjang = "<< a<<endl;
cout<<"Masukan Nilai Lebar = "<<b <<endl;
cout<<"Masukan Nilai Tinggi = "<<c<<endl;
cout<<endl;
cout<<"Luas = " << a * b * c<<endl;
cout<<"Keliling = " << (a + b + c)<<endl;
}
};
int main(int argc, char *argv[])
{
hitung h;
h.masuknilai(4,12,9);
system("PAUSE");
return EXIT_SUCCESS;
}
HASIL CODING PROGRAM SETELAH DI RUN
JAVA
//public class Main {
class judul
{
public judul()
{
System.out.println("===================================");
System.out.println("= Penghitungan dengan Inheritance =");
System.out.println("===================================");
System.out.println("");
System.out.println("");
System.out.println("");
}
}
class hitung extends judul
{
public hitung()
{
}
public void nilai(int a,int b, int c)
{
System.out.println("Masukan Nilai Panjang = "+a);
System.out.println("Masukan Nilai Lebar = "+b);
System.out.println("Masukan Nilai Tinggi = "+c);
System.out.println("Luas = "+ a*b*c);
System.out.println("Masukan Nilai Tinggi = "+ (a+b+c));
}
}
public class Main {
public static void main(String[] args)
{
hitung h = new hitung();
h.nilai(45, 23, 76);
system("PAUSE");
return EXIT_SUCCESS;
}
return EXIT_SUCCESS;
}
HASIL CODING PROGRAM SETELAH DI RUN
0 Comments:
Post a Comment